Mohon Tunggu
Kami sedang menyiapkan yang Anda perlukan
Kami sedang menyiapkan yang Anda perlukan
BeritaMobil Bekas
25 Maret 202595Pembaca
Bagikan :
Sumber: iNews
Yang klasik emang selalu asik! Nah ungkapan ini mungkin sangat cocok bagi Anda yang menyukai hal-hal yang berbau vintage atau klasik. Walaupun identik dengan kuno, tapi barang klasik mempunyai kisah dan nilai sejarahnya sendiri. Karena itulah barang ini cenderung langka dan memiliki harga jual yang tinggi sehingga tidak dimiliki oleh semua orang.
Sama halnya dengan mobil, alat transportasi yang sudah digunakan sejak dulu oleh manusia ini juga ada yang termasuk dalam kategori mobil klasik. Jangan sampai salah ya, mobil klasik ini berbeda dengan mobil tua. Menurut Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), kata klasik ini merujuk pada mobil keluaran lama yang segmennya ditujukan untuk kelas menengah ke atas. Dalam artian lain yaitu mobil mewah yang diproduksi terbatas pada kala itu.
Sudah bisa dibayangkan bagaimana langkanya mobil tersebut? Pada zaman dahulu saja sudah termasuk barang langka, apalagi sekarang?
Deretan kendaraan klasik ini sebenarnya sudah masuk ke Indonesia pada saat penjajahan Belanda, yang didominasi oleh pabrikan asal Eropa atau Amerika. Itulah mengapa jika diperhatikan, mobil klasik Indonesia yang berseliweran biasanya dari merek sejenis.
Baca juga: Perbedaan Mobil Klasik, Retro dan Vintage yang Harus Diketahui
Seri ini keluar pada tahun 1971 dan mempunyai 2 versi saat peluncurannya yaitu Roadster dengan atap yang bisa dibuka dan Coupe 4 kursi dengan konfigurasi 2 pintu. Kendaraan ini ditenagai oleh mesin V8 SOHC dengan kode M117 berkapasitas 4.500 cc.
Dari sisi eksterior pada bagian jendela sudah menggunakan desain frame less, yang menambah kesan mewah pada kendaraan ini. Selain itu kemewahan lainnya juga terdapat pada interior khususnya jok dan panelnya yang full material kulit. Dengan berbagai keunggulan diatas, itulah mengapa mobil ini disebut sebagai mobil termewah dan termahal pada zamannya.
Selanjutnya ada BMW E30 325I yang merupakan musuh bebuyutan dari Mercedes Benz 190E. Seri BMW ini termasuk dalam mobil sport yang dinilai mempunyai mesin yang sangat responsif, khususnya saat digunakan dalam kecepatan tinggi. Mesin yang dimiliki berkapasitas 2.500 cc, 6 silinder, M20, B25 dan mampu menghasilkan tenaga hingga 168 Ps.
Review yang dijelaskan oleh tim Setir Kanan diatas menyebutkan bahwa mobil yang diluncurkan pada tahun 1991 beda dari seri aslinya, karena mobil klasik Indonesia ini telah di tuning dengan komponen Hartge oleh pemiliknya. Oleh karena itulah mengapa kendaraan ini sangat langka untuk dimiliki.
Ketiga ada Mercedes Benz 190E AMG yang tak kalah spesialnya. Mobil berkode bodi W201 ini lebih sering dikenal dengan nama “Baby Benz”, dan sudah cukup sering wara wiri pada kompetisi balap DTM. Sudah tak heran lagi, itu karena seri ini ditenagai oleh mesin 6 silinder kapasitas 2.600 cc yang sangat mumpuni untuk kelas mobil sport premium pada zaman itu.
Sama seperti di video sebelumnya, mobil yang direview oleh Fitra Eri dan Setir Kanan ini juga dibuat khusus karena telah di tuning dengan komponen AMG oleh pemiliknya. Setelah di tuning, tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil ini menjadi misteri karena perbedaan kapasitas mesin dari AMG yang sebesar 2.500 cc 4 silinder.
Sumber: Carmudi
Jeep Wrangler TJ pertama kali meluncur di tahun 1996 hingga 2006 dan lebih dikenal dengan lampu depan berbentuk kotak serta desainnya yang lebih macho. Mobil ini adalah Jeep pertama yang bergaya modern dan cocok untuk digunakan di jalan raya maupun di arena off road. Karena memiliki popularitas yang cukup tinggi di segmen mobil klasik, seri ini memiliki harga yang cukup fantastis. Bahkan infonya sudah melebihi Rp 350 juta.
Sumber : Kompas Otomotif
Mobil yang juga dikenal sebagai VW Kodok di Indonesia ini pertama diproduksi 1938 dan terus berinovasi hingga ke generasi ketiga. Dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar Rp 175 juta, membuat mobil klasik ini mampu menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Selain desainnya yang unik, Volkswagen Beetle memiliki deru mesin yang sangat khas, dan tentunya tidak dimiliki oleh mobil klasik Indonesia jenis lain.
Sumber : IDNTimes
Holden Kingswood adalah mobil klasik yang konsisten dengan tampilannya yang panjang di depan dan menambah keunikannya. Di Indonesia sendiri, keberadaan Holden Kingswood sudah cukup banyak dan mudah ditemukan, karena mobil ini memang cukup populer pada masanya dan banyak dicari masyarakat, khususnya mereka para kolektor mobil klasik.
Sumber: Mr Bean Fandom
Mobil yang pernah terkenal karena digunakan oleh Mr. Bean ini masuk ke list selanjutnya dari mobil klasik yang pernah ada. Mobil ini pernah menjadi ikon dari British pada sekitar tahun 1960 an dan merupakan inovasi dari Pemerintah Inggris untuk menciptakan mobil dengan bahan bakar irit. Jika menilik dari nama dan desainya, tentu Anda tidak asing bahwa seri ini adalah cikal bakal Mini Cooper yang laris manis di pasar mobil mini premium di Indonesia.
Sumber: Barrett Jackson
Mobil klasik Indonesia yang dibanderol dengan harga hampir Rp 300 juta ini, pada dasarnya merupakan mobil klasik termewah pada kala itu. Nah, hampir semua jenis model yang diproduksi, ternyata pernah masuk ke pasar Indonesia, salah satunya yaitu tipe Limousine tahun produksi 1959. Uniknya, mobil ini hanya tersedia enam unit saja di Indonesia, dan satu di antaranya yaitu milik Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno.
Sumber: Secret Classics
Sebelum booming dengan eksistensi Fiat 500 dan seri Abarth untuk type racingnya, beberapa dekade sebelumnya perusahaan asal Italia ini juga sudah cukup sukses mengisi ruas jalan-jalan di Indonesia dengan Fiat 1200. Beberapa tipe dari Fiat 1200 memiliki atap terbuka, membuat tampilan mobil ini lebih unik dan beda dari mobil klasik tipe lainnya.
Sumber: Medcom
Mobil klasik Indonesia yang diproduksi pada tahun 1935 di Jerman ini, ternyata masih cukup diminati oleh para pecinta otomotif, baik itu orang tua maupun anak muda. Terbukti dari banyaknya modifikasi mobil yang difungsikan untuk sekedar hobi saja hingga untuk bisnis food truck dan keperluan wisata. Modifikasi ini jelas memungkinkan, mengingat ukuran kendaraan ini yang lebar, sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis.
Jadi itulah deretan mobil klasik Indonesia yang pernah trend dan dicintai oleh masyarakat pada zamannya. Apakah ada diantara Anda yang mungkin pernah atau sudah memilikinya? Jika ya, maka Anda sangat beruntung, karena kendaraan ini cukup langka sehingga membuat nilai jualnya juga tinggi.
Baca juga: Rekomendasi Mobil Klasik Murah Dibawah 50 Juta
Nah, jika mobil yang Anda miliki termasuk langka, maka biaya perawatannya juga akan tinggi. Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah mengambil pinjaman dana yang tersedia di ACC ONE. Tak hanya menawarkan pembiayaan mobil baru dan mobil bekas saja, ACC ONE juga mempunyai produk Kredit Multiguna yang bisa dimanfaatkan untuk semua kebutuhan, termasuk untuk merawat mobil kesayangan Anda.
Segera daftarkan diri dan dapatkan kesempatan untuk memenangkan undian berhadiah berupa emas pada periode Januari-Februari 2022 saat mengajukan pinjaman dana. Jangan sampai kelewatan ya!
"Astra Credit Companies (ACC) merupakan perusahaan pembiayaan yang memberikan solusi untuk kredit mobil baru, mobil bekas, truk, alat berat, dan fasilitas dana dengan syarat yang mudah, proses cepat dan aman. Gunakan simulasi kredit mobil untuk menghitung jumlah angsuran. Segera hubungi ACC di 1500599 dan #WujudkanImpian Anda sekarang juga!"
#mobilbekas
#klasik
Berita Lainnya
Lihat semua