Mohon Tunggu
Kami sedang menyiapkan yang Anda perlukan
Kami sedang menyiapkan yang Anda perlukan
BeritaMobil Bekas
26 Maret 202598Pembaca
Bagikan :
Daihatsu, produsen otomotif Jepang, telah lama menjadi bagian penting dari industri mobil di Indonesia. Banyak produknya telah mencapai status ikonik, dengan Daihatsu Taft sebagai salah satu modelnya yang paling terkenal. Awalnya dirancang sebagai Kei Car untuk pasar Jepang, Taft mendapatkan popularitas besar di Indonesia. Kesuksesan ini dimulai dengan varian "Taft Kebo" dan berlanjut hingga generasi keempat.
Dari jalanan perkotaan hingga medan off-road yang menantang, Taft telah membuktikan dirinya sebagai kendaraan yang dapat diandalkan dan serbaguna. Namun, di balik performanya yang kokoh, tersimpan sejarah panjang evolusi dan inovasi yang menarik untuk ditelusuri. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perjalanan Daihatsu Taft dari awal kemunculannya hingga versi terbarunya. Kita akan mengupas tuntas setiap generasi, lengkap dengan spesifikasi teknis yang membuat Taft begitu istimewa. Simak artikel dibawah ini untuk informasi selengkapnya!
Sumber: SEVA ID
Daihatsu Taft pertama kali diluncurkan dalam sejarah pada tahun 1976 dengan varian Tart F20 bermesin bensin dengan 4 silinder 958 cc. Taft F20 atau sering dijuluki Taft Kancil memiliki ukuran yang mungil tetapi mesinnya yang bandel.
Nama Taft ini sendiri dipercaya merupakan singkatan dari Tough Almighty Four-Wheel Touring. Namun, di luar negeri SUV ini juga dikenal sebagai Daihatsu Wildcat, Daihatsu Scat, atau Daihatsu Rugger.
Bodi dan Rangka |
|
Kelas |
Off-road |
Layout |
Front-engine, four-wheel-drive |
Powertrain |
|
Mesin |
Bensin: 1.0L, 1.6L Diesel: 2.5L, 2.8L |
Transmisi |
4-speed manual 5-speed manual |
Dimensi |
|
Wheelbase |
2,025 mm (79.7 in) |
Panjang |
3,320 mm (130.7 in) 3,485 mm (137.2 in) (long body) |
Lebar |
1,460 mm (57.5 in) |
Tinggi |
1,860 mm (73.2 in) |
Sumber: Wikipedia
Taft kebo atau Taft F50 muncul sebagai sosok SUV dengan dua pintu 4x4 yang tangguh. Namun, julukan Taft kebo bukan karena ketangguhan mobil ini, tetapi karena mobil ini memiliki logo bergambar kepala kerbau di bagian pintu belakangnya.
Kepopuleran Daihatsu Taft baru muncul ketika Daihatsu mengeluarkan seri ini. Muncul dengan menggunakan mesin diesel DG yang berkapasitas 2.500 cc yang dikenal bandel dan tahan minum solar busuk, Taft kebo memiliki reputasi yang bagus sebagai jip compact yang serba bisa dan banyak digunakan oleh instansi pemerintah sebagai kendaraan operasional atau dinas di berbagai proyek.
Eksistensi dari Taft kebo mulai mereda pada tahun 1985 yang kemudian berkembang menjadi banyak varian, salah satunya adalah Taft Rocky
Bodi dan Rangka |
|
Kelas |
Off-road |
Layout |
Four-wheel-drive |
Powertrain |
|
Mesin |
Mesin diesel 4 segaris indirect injection DG 2.5L (2530 cc) |
Transmisi |
4-speed manual |
Dimensi |
|
Wheelbase |
2,020 mm (79.5 in) |
Panjang |
3,320 mm (130.7 in) 3,480 mm (137.0 in) (long body) |
Lebar |
1,460 mm (57.5 in) |
Tinggi |
1,860 mm (73.2 in) |
Baca Juga: Intip Spesifikasi Jeep Compass 2012, SUV Tangguh Berdesain Maskulin
Sumber: Wikipedia
Kesuksesan generasi Taft Kancil (F20) dan Taft Kebo (F50), tidak membuat Daihatsu puas diri. Pabrikan asal Jepang ini masih meneruskan eksistensi dari Taft Kebo dengan meluncurkan penerusnya yaitu Taft F70 di Indonesia, yang kemudian lebih dikenal masyarakat tanah air sebagai Taft GT.
Taft GT ini mengubah segala aspek, mulai dari desain bodi yang lebih mengotak dan memiliki banyak sekali sudut tegas. Dari segi dimensi juga membesar dan semakin maskulin sehingga membuatnya menjadi lebih sangar. Daihatsu juga meningkatkan kemampuan pengereman menggunakan cakram di roda depan dan tromol di roda belakang.
Daihatsu Taft F70 ini terdiri dari dua jenis, Short Wheelbase (SWB) dan Long Wheel base (LWB) berwujud pikap. Untuk dapur pacu, Taft F70 didukung mesin diesel 4 silinder berkode DL41 2.765 cc. Daihatsu Taft F70 SWB dijual hingga 1995 sementara tipe pickup LWB bertahan sampai 2007. Selain kedua jenis tersebut, Daihatsu juga mengeluarkan varian lain, yaitu Daihatsu Taft Rocky dengan kode rangka F75 yang menambah lini varian produk Daihatsu Taft.
Bodi dan Rangka |
|
Kelas |
SUV |
Layout |
Rear-wheel-drive/Four-wheel-drive |
Powertrain |
|
Mesin |
Mesin diesel DL41 2.8L (2765 cc) (1985-1988), DL42 2.8L (1988-1995) |
Transmisi |
4-speed manual (1985-1991) / 5-speed manual (1991-1995) |
Dimensi |
|
Wheelbase |
2.205 mm (86,8 in) |
Panjang |
3.775 mm (148,6 in) |
Lebar |
1.660 mm (65,4 in) |
Tinggi |
1.840 mm (72,4 in) |
Sumber: Gridoto
Secara dimensi, Taft Rocky memiliki wheelbase yang lebih panjang dibandingkan dengan Taft GT. Selain itu, Rocky juga dilengkapi dengan atap removable berwarna putih yang terbuat dari resin, memberikan tampilan yang lebih modern dan fungsional.
Untuk urusan tenaga, Taft F70 dan F75 mengandalkan mesin DL41 berkapasitas 2.765 cc dengan sistem indirect injection. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 72 hp pada 3.600 rpm dan torsi puncak 170 Nm pada 2.200 rpm. Keunggulan utama mesin ini terletak pada bandel dan perawatannya yang mudah, berkat penggunaan timing gear sebagai penggerak katup dan pompa injeksi model in-line.
Pada tahun 1988, Daihatsu melakukan pembaruan yang besar-besaran dengan mengganti mesin DL41 dengan Diesel DL42. Meskipun kapasitas mesinnya tetap sama, teknologi yang digunakan mengalami perubahan besar. Mesin baru ini sudah mengadopsi timing belt untuk penggerak katup dan pompa solar yang beralih ke sistem injeksi rotari, sehingga meningkatkan efisiensi dan performa keseluruhan.
Bodi dan Rangka |
|
Kelas |
SUV |
Layout |
Rear-wheel-drive/Four-wheel-drive |
Powertrain |
|
Mesin |
Mesin diesel DL41 2.8L (2765 cc) (1985-1988), DL42 2.8L (1988-1995) |
Transmisi |
4-speed manual (1985-1991) / 5-speed manual (1991-1995) |
Dimensi |
|
Wheelbase |
2.530 mm (99,6 in) |
Panjang |
4.100 mm (161,4 in) |
Lebar |
1.660 mm (65,4 in) |
Tinggi |
1.915 mm (75,4 in) |
Sumber: Lacak Harga
Pada tahun 1986, Daihatsu memberikan kejutan khusus bagi Indonesia dengan meluncurkan Taft versi 4×2 dengan kode F69. Uniknya, hanya di Indonesia varian Taft 4×2 ini tersedia, menjadikannya spesial dan eksklusif di Nusantara.
Taft Hiline hadir dengan tiga variasi wheelbase yang berbeda, yaitu:
- Hiline GTS (short-wheelbase),
- Hiline GTX (medium-wheelbase),
- Hiline GTL (long-wheelbase).
Meskipun mesin di Hiline ini sama dengan varian Taft lainnya, perbedaan utama terletak pada sistem penggerak rodanya. Selain itu, semua Taft Hiline dilengkapi dengan per daun, yang dianggap lebih tangguh dan tahan lama, terutama karena sering digunakan sebagai kendaraan angkutan kargo. Pilihan ini menunjukkan betapa Daihatsu memahami kebutuhan pasar Indonesia, memberikan kendaraan yang andal dan sesuai dengan kondisi lokal.
Bodi dan Rangka |
|
Kelas |
SUV |
Layout |
Rear-wheel-drive/Four-wheel-drive |
Powertrain |
|
Mesin |
Mesin diesel DL41 2.8L (2765 cc) (1985-1988), DL42 2.8L (1988-1995) |
Transmisi |
4-speed manual (1985-1991) / 5-speed manual (1991-1995) |
Dimensi |
|
Wheelbase |
2.205 mm (86,8 in) (Hiline GTS) 2.530 mm (99,6 in) (Hiline GTX) 2.800 mm (110,2 in) (Hiline GTL) |
Panjang |
3.775 mm (148,6 in) (Hiline GTS) 4.100 mm (161,4 in) (Hiline GTX) 4.580 mm (180,3 in)(Hiline GTL) |
Lebar |
1.580 mm (62,2 in) (Hiline GTL) 1.660 mm (65,4 in) (Hiline GTS) |
Tinggi |
1.840 mm (72,4 in)(Hiline GTS/GTL) |
Sumber: Zigwheels Indonesia
Eksistensi Taft di Indonesia mampu bertahan hingga generasi keempat. Taft dengan kode F73 ini mengalami pembaharuan sistem suspensi independen (independent front suspension) untuk roda depan dan gardan solid dengan peer keong untuk roda belakang. Inilah yang menjadi latar belakang penyematan nama Taft Independent.
Mesinnya masih menggunakan mesin diesel DL42 dengan transmisi manual lima percepatan peninggalan era F70. Soal penampilan pun tidak banyak berubah, masih kotak, tetapi dimensi bodinya menjadi lebih besar dan kursi belakang kini menghadap ke depan. Ciri fisik untuk membedakan Taft Independent yaitu lampu utama yang bentuknya menjadi kotak.
Pada generasi keempat ini juga, Daihatsu meluncurkan Rocky generasi terbaru yang diberi kode F78. Ubahan desainnya serupa dengan Taft Independent, namun yang membedakan F73 dan F78 di bagian sumbu rodanya. Semua seri F73 maupun F78 dilengkapi dengan sistem 4×4 berikut mesin DL42 dan transmisi 5-speed manual.
Bodi dan Rangka |
|
Kelas |
SUV |
Layout |
Rear-wheel-drive/Four-wheel-drive |
Powertrain |
|
Mesin |
DL42 2.8L (1988-1995) |
Transmisi |
5-speed manual (1991-1995) |
Dimensi |
|
Wheelbase |
2.205 mm (86,8 in) |
Panjang |
3.775 mm (148,6 in) |
Lebar |
1.660 mm (65,4 in) |
Tinggi |
1.840 mm (72,4 in) |
Baca Juga: Daihatsu Taft Reborn: SUV Jadul Yang Kembali Bersinar
Sumber: Astra Daihatsu
Setelah menghilang selama lebih dari satu dekade, Daihatsu Taft kembali menggebrak dunia otomotif, namun kali ini mengincar pasar domestik Jepang. Mengusung platform generasi terbaru DNGA (Daihatsu New Global Architecture), Taft menghadirkan penampilan yang kompak sebagaimana mobil Kei Car lainnya dari Daihatsu seperti Tanto.
Meskipun kecil, Taft versi Kei Car ini tidak boleh diremehkan, karena menggabungkan kepraktisan kabin dengan karakteristik offroad yang tangguh, didukung oleh mesin 660 cc yang sangat irit. Daihatsu Motor Corporation menyediakan Taft dengan berbagai pilihan, termasuk varian penggerak roda 2WD dan 4WD untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen.
Sejak pertama kali diperkenalkan, Daihatsu Taft telah menorehkan sejarah panjang sebagai ikon mobil offroad yang tangguh dan handal. Melalui berbagai generasi, Taft terus mengalami evolusi dalam desain dan teknologi, mengadaptasi kebutuhan pasar yang beragam dari waktu ke waktu.
Walaupun Daihatsu Taft kini semakin jarang ditemukan, Anda tetap bisa mengecek ketersediaan Taft atau mobil bekas lainnya, di Setir Kanan. Di Setir Kanan, tersedia beragam pilihan mobil bekas dari berbagai merek ternama di Indonesia.
Dengan pembiayaan melalui ACC ONE, Anda juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti DP 0% atau cukup melakukan pembayaran angsuran 2 kali di awal pada mobil bertanda khusus. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk memiliki mobil bekas dengan penawaran istimewa yang dapat menyesuaikan dengan keuangan Anda.
Tunggu apa lagi? Segera kunjungi website ACC ONE sekarang juga!
"Astra Credit Companies (ACC) merupakan perusahaan pembiayaan yang memberikan solusi untuk kredit mobil baru, mobil bekas, truk, alat berat, dan fasilitas dana dengan syarat yang mudah, proses cepat dan aman. Gunakan simulasi kredit mobil untuk menghitung jumlah angsuran. Segera hubungi ACC di 1500599 dan #WujudkanImpian Anda sekarang juga!"
#Spesifikasi
#daihatsu
#taft
Berita Lainnya
Lihat semua